Laman

Selasa, 12 Februari 2013

Menuju UNAS November 2012 - Me and My friends become OBGYN

(me, tan, asi, wid, cum, rif, dik, rei, nmd)

saat itu kami ber-9 sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk melengkapi syarat ujian nasional. ada beberapa tahap yg harus kami lalui, mulai dari ujian tesis, dilanjutkan ujian kompre, ujian osce dan ujian tulis.

berbagai macam ujian itu membuat kami ber-9 semakin solid dan mantap untuk mengikuti ujian nasional nantinya. karena tidak semulus yang ada dalam pikiran kami. ada yang harus jatuh bangun untuk sampai ke tahap akhir.

Ujian tesis
yang pertama ujian tesis saat itu adalah aku dan arif. kalo dibilang ya berdebar debar juga, ada ketakutan kalo nantinya tesis tidak bisa dipertahankan didepan dewan penguji.
jam 9 setelah konferensi bisnis, aku pun maju pertama. hemmmm tau lah gimana rasanya yang pertama maju, rasa campur aduk. mulai dari sesak pipis, tangan keringatan, bibir kering, denyut jantung bertambah kencang. -dalam hati selalu berkata, "badai pasti berlalu", haha-, siap siap pasang wajah serius.
mulailah aku dengan presentasi yang sudah ku baca berulang ulang kali di kos -sehingga titik koma nya pun terhafal-. setelah kubacakan semua hasil penelitianku didepan dewan penguji, mulailah berbagai macam pertanyaan dilontarkan oleh dewan penguji kepadaku. jantungku berdetak sangat sangat sangat kencang, - i thought need intubation soon-.
pertanyaan seputar penelitian diajukan, sampai kepada metode penulisan tesis pun dikomentari, dan pertanyaan pertanyaan itupun kujawab walaupun "mungkin" menurut dewan penguji masih perlu perbaikan, hahaha...namanya juga residen, yahhhh mesti harus banyak belajar lagi.
aku bersyukur, saat itu dewan penguji mengatakan tesisku lulus, tapi ada beberapa yang harus diperbaiki, -semua yang maju tesis, pasti ada perbaikan-. ku ucapkan syukurku kepada Allah, akhirnya satu tahap terlewati. senang sudah pasti, tapi ujian berikutnya pasti lebih sulit lagi.

Setelah aku maju, dilanjutkan dengan arif, intan, arsi, karinda, estya, reindhard, nurmianda.....dan akhirnya didik.
didik adalah salah satu temanku yang sangat kuat, sabar dan pantang menyerah, kenapa demikian, mungkin disaat kami semua sudah menyelesaikan ujian tesis, dia masih harus mengulang kembali ujian tesisnya, "mungkin" saat maju pertama dia tidak bisa mempertahankan tesisnya didepan dewan penguji. tapi semua itu terlewati karena kegigihannya, salut buat temanku yang satu ini. (dia juga teman yang tidak pernah menolak untuk dimintai tolong, dan dia yang paling religius--- so proud of you friend)

setelah semua dinyatakan lulus ujian tesis, harus menyerahkan perbaikan tesis, paling lambat 2 minggu sebelum ujian kompre dilaksanakan dan dikumpulkan disekretariat tempat mbak wiwin (ini adalah orang yang paling sering ngebantu residen).

Menuju Ujian Kompre
 
Antara cemas, pasrah dan lelah.... mungkin itu yang bisa digambarkan 2 minggu sebelum kompre. banyak siasat yang kami lakukan, mulai dari bercokol di perpus dari pagi sampai tengah malam, sampai minta di tentir sama dosen, menyepi di kamar kos, matikan BB selama 2 minggu, no call just emergency.
awalnya sudah komitmen, nanti kumpul di perpus jam 9 pagi, mau belajar bersama sama. hemmm bisa dihitung belajar bersama itu ada beberapa kali. kebanyakan belajarnya dirumah sendiri, mungkin banyak faktor yang membuat kami susah kumpul ber-9. dari pengalamanku, mungkin tidak efektif dan efisien. karena kalo sudah ramai, pasti sulit untuk memfokuskan satu materi.
ada lucu, ada dongkol juga kalo sudah kumpul belajar, kalo ditanya lebih banyak lucu atau dongkolnya, kayaknya sama aja.
misalnya rencana ada 3 materi yang mau dibahas, tapi entah kenapa 1 materi aja tidak selesai, karena semuanya punya argumen, sebenarnya bagus sih, tapi 2 materi lagi masih ngantri harus dibahas. akhirnya kadang cuma 1 materi yang selesai. Ghrrrrrrrr....
masing masing orang punya karakter, haha. misalnya ada temenku, yang suka mengulang ulang materi yang sudah dibahas, ada juga yang suka berimprovisasi dengan kata kata "misalnya", "andaikata", "sekiranya"....wadowwwww ini kapan selesainya. -tapi aku kangen dengan temenku yang satu ini-

saatnya menentukan siapa yang maju pertama kali ujian kompre.
pasti kalo ditanya siapa yang mau maju pertama kali ujian kompre, pasti tidak ada yang mau mengacungkan tangan. hahaha. secara kompre itu kata-kata seniorku, lebih seram dari pada ujian nasional sesungguhnya.
ada trik, bagaimana kalo diurut dari yang paling senior...-cum-, mana mau dia....hahahaha. aku lupa ya apa alasannya saat itu, ohhh iya aku ingat, dia mau menghadiri pernikahan adiknya disurabaya. akhirnya trik itu pun gagal...
trik berikutnya, bagaimana kalo diurut dari yang paling tua...hahahah, apalagi ini, pasti tidak ada yang mau. tapi kalo diurut yang paling tua, pasti aku dapat urutan ke 7, lumayan juga kan, masih bisa bernafas sambil nunggu maju kompre.
akhirnya, tidak ada yang berani untuk menentukan siapa yang maju pertama ujian kompre.
kalo begitu kita menunggu aja dari sekretariat, siapa yang akan disuruh maju pertama kali.
menunggu dan tetap menunggu, sambil mempersiapkan diri untuk di "kuliti"...(hari itu akan tiba juga)

pagi itu kami berkumpul diperpustakaan, rencananya hari ini mau belajar bersama lagi. tiba-tiba aku dapat sms dari mbak wiwin, diminta naik ke sekretariat. hemmmm, ada apa ya?
ternyata dugaanku benar, aku yang maju pertama kali ujian kompre dan diadakan hari selasa minggu depan. hari ini adalah hari kamis, artinya aku punya waktu  4 hari untuk mempersiapkan diri.
jangan ditanya gimana rasanya menjadi yang pertama maju kompre, cuuuuammmpur adukk, kayak nasi campur. yahhh bagaimana pun ini harus dilalui.
setelah mendengar pengumuman itu, aku pun pamitan sama teman-temanku di perpustakaan (seolah olah mau menghilang dulu).
sebelum sampai di kos, aku sempatkan membeli makanan ringan dan minuman sebanyak mungkin untuk persediaan selama 4 hari -entah apa yang ada dipikiranku, mungkin mau berkurung diri dikamar-.
TV mati, HP mati, BB mati....itulah rencana ku selama 4 hari ini.
hemmm 1 hari terlewati dengan berkurung dikamar, membolak balik buku feto, onko, fer, obsos, urogin. baca bukunya, baca slidenya, baca catatan tips dari senior, dan tak lupa berdoa. hahaha.
kadang jujur tak kuat kalo tak pegang BB, hemmmmm hidup kan apa tidak ya? hahaha. -penyakit muncul lagi- , apalagi kalo baca slide PPT di laptop pasti punya pikiran seperti ini "hemmmmm buka FB dulu ya, bentarrrrr aja, 1 menit pun jadi deh" hahaha. -kenapa BB dan FB selalu menghantui-
Tak kuattttt....
Jum'at....Sabtu....Minggu....Senin.....wadowwww, besok selasa.

Ujian Kompre pun TIBAAAAA.....


-besok lagi dilanjutkan-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar